Senin, 13 Desember 2010

tugas radar malang

Pada hari Rabu pukul 15.30 saya dan teman-teman kelas pergi ke Radar Malang, untuk mengikuti perkuliahan pendidikan jurnalistik dilaksanakan disana karena materinya menyangkut tentang hal-hal yang berhubungan dengan Radar Malang.
Sesampai disana saya dan teman-teman melihat bangunan berwarna biru yang berkombinasi dengan warna putih, dan tampak jelas sekali kalau di dalam sana terdapat banyak orang-orang atau karyawan yang sebagian dari karyawan itu adalah seorang wartawan yang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Bangunan ini berlantai tiga, setelah kami melihat lingkungan di sekitarnya, saya dan teman-teman langsung naik ke lantai tiga, karena perkuliahannya dilaksanakan disana. Setelah sudah berada di lantai tiga, ternyata perkuliahan yang di dalam sudah di mulai, akhirnya kita masuk juga karena ada instruksi salah satu teman kalau kita disuruh masuk. Di dalam ruangan yang cukup besar itu saya dan teman-teman langsung mencari tempat duduk yang kosong, Alhamdulillah masih ada kursi yang kosong, saya mengira kursinya tidak cukup karena mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini dua kelas.
Setelah menemukan kursi, saya langsung mengikuti penjelasan dari pemateri meskipun itu tidak saya ikuti mulai awal, penjelasan yang saya dapat dari pemateri yaitu:
1. Komponen berita. maksudnya adalah komponen yang terdapat dalam berita yang paling penting yaitu mencakup 5 W + 1 H. (What, Why, When, Where, Who, + How). Berita itu harus mencakup itu, karena lebih jelas dan detail apa yang terjadi, kenapa bisa terjadi, kapan kejadian itu, dimana kejadian itu, siapa yang ada di dalam kejadian itu, dan bagaimana kejadian itu.
2. Seorang wartawan harus tahu kejadian atau peristiwa, maksudnya adalah seorang wartawan harus benar-benar mengetahui kejadian atau peristiwa yang terjadi saat ini, jadi seorang wartawan harus mempunyai banyak link (rekan) yang terdapat di berbagai daerah, supaya wartawan tersebut bias mengetahui kejadian atau peristiwa yang terjadi pada saat ini. Jadi seorang wartawan tidak boleh merekayasa kejadian atau peristiwa yang dia tidak tahu.
3. Wartawan harus sabar, jika mewawancarai informan, karena proses wawancara tidak mudah, karena setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda, Jadi wartawan itu menghadapi berbagai macam karakteristik informan atau narasumber.
4. Informasi yang dicari harus didapatkan dengan cara apa pun. Jadi seorang wartawan kalau mencari informasi harus mempunyai banyak cara, apa pun cara tersebut. Dengan demikian, informasi tersebut bisa didapatkan.
5. Tugas wartawan yaitu :
a. Mencari informasi yang sedetail-detailnya, maksudnya adalah seorang wartawan harus bisa mencari informasi yang jelas, benar-benar terjadi dan sudah mencakup 5 W + 1 H.
b. Setelah wartawan selesai mencari informasi yang sedetail-detailnya, maka informasi tersebut diberikan kepada redaktur.
c. Kemudian berita atau informasi tersebut di edit, kemudian di lay out (tugas akhir). Di dalam lay out itu ada aturannya, jadi berita tersebut tidak sembarangan di lay out. Harus mengikuti aturan yang ada.
d. Setelah masuk lay out berita tersebut di cetak.
e. Kemudian dipasarkan.
6. Wartawan itu wajib melindungi anak-anak di bawah umur.
Setelah saya dan teman-teman mengikuti penjelasan tersebut, kami diizinkan melihat ruangan yang disana banyak orang yang sedang mengerjakan tugasnya masing-masing.
Jam sudah menunjukkan pukul 17.00, saya dan teman-teman pulang menuju kost kami masing-masing.
Kunci dari seorang wartawan adalah relasi. Dalam mencari sebuah data seorang wartawan harus menggunakan bagaimana cara yang praktis dalam memperoleh data yang akan di tulis atau di cantumkan dalam media. Seorang wartawan dalam mencari sebuah data yang valid harus mewawancarai atau mencari informasi minimal 3 nara sumber untuk dijadikan suatu perbandingan dalam permasalah yang akan di teliti.
Dalam suatu proses untuk menyelesaikan media ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh seorang wartawan, yaitu, latcap atau yang disebut dengan laporan yang kurang lengkap yang biasa dilakukan oleh polisi, kemudian lay out atau disebut juga dengan mendisain dari hasil wawancara yang telah diperoleh. Dan nama pekerjanya adalah layouter. Proses yang akan dilalui dalam penerbitan brita adalah layout, kemudian tugas ahir, kemudian wawancara, kemudian proses editing lalu berita yang telah terseleksi akan diterbitkan dengan beberapa beberapa berita dalam beberapa halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar